Amalia, Yunia Putri (2021) STUDI KEAMANAN BERSEPEDA DENGAN METODA BICYCLE LEVEL OF SERVICE (BLOS). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (312kB) | Preview |
|
Text (tugas akhir)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Untuk mewujudkan kota yang berwawasan lingkungan dan upaya mengurangi kemacetan serta polusi udara di Kota Padang, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Sepeda merupakan alat transportasi yang tepat untuk mengurangi permasalahan di atas. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menentukan tingkat keamanan bersepeda pada beberapa ruas jalan, yang bisa menjadi masukan kepada pihak terkait untuk kemungkinan penerapan lajur khusus sepeda di Kota Padang. Kajian dilakukan pada tiga ruas jalan di Kota Padang, yaitu: Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Samudera dan Jalan Hayam Wuruk. Ketiga ruas jalan ini dipilih karena memiliki karakteristik yang berbeda. Data yang digunakan adalah data geometrik jalan, data volume/arus lalu lintas, data kecepatan kendaraan dan kondisi perkerasan jalan, sebagai data primer, serta data klasifikasi jalan berdasarkan fungsi dan status jalan sebagai data sekunder. Semua data yang diperoleh dianalisis dan dihitung dengan menggunakan metoda bicycle level of service (BLOS). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa Jalan Khatib Sulaiman mempunyai nilai BLOS 4,718 atau peringkat BLOS adalah E, yang berarti bahwa lingkungan sangat kurang baik untuk pesepeda. Salah satu penyebabnya adalah karena kecepatan kendaraan di ruas jalan tersebut cukup tinggi. Sementara untuk Jalan Samudera dan Jalan Hayam Wuruk nilai dan peringkat BLOS masing-masing adalah 2,834 (C) dan 1,883 (B), yang berarti bahwa lingkungan jalannya cukup baik hingga baik untuk pesepeda. Dengan demikian, diharapkan kepada pihak terkait untuk mempertimbangkan penerapan lajur khusus sepeda di beberapa ruas jalan di Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Bayu Martanto Adji, Ph.D Ir. Hendra Gunawan, MT |
Uncontrolled Keywords: | Lajur khusus sepeda, volume lalu lintas, kecepatan, kondisi perkerasan, BLOS |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 07:33 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 07:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80505 |
Actions (login required)
View Item |