FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES PERAWAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2021

Rika, Novyanti (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES PERAWAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (skripsi full taxt)
SKRIPSI Rika Novyanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perawat merupakan profesi yang paling lama berinteraksi dengan pasien yang menangani berbagai macam kondisi, selain dari dampak fisik seperti berisiko tinggi tertular COVID-19, perawat juga mengalami masalah psikologis seperti stress. Banyak faktor yang yang menyebabkan kejadian stres pada tenaga kesehatan yaitu riwayat gejala yang dirasakan, riwayat kontak, pengetahuan dan penerapan universal precaution terkait COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Perawat Pada Masa Pandemi COVID-19 di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M.Djamil Kota Padang Tahun 2021. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr. M.Djamil bulan Januari 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan crossectional yang dilakukan pada 60 responden dengan teknik total sampling menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 57,7% memiliki tanda dan gejala sedang, 41,7% memiliki riwayat kontak erat dalam 14 hari terakhir, 11,7% memiliki tingkat pengetahuan yang kurang, 76,6% memiliki penerapan universal precaution yang tidak baik dan 43,3% memiliki tingkat stress sedang Hasil uji statistik menggunakan chi-square didapatkan p value yaitu 0,012 untuk riwayat gejala yang dirasakan, 0,005 untuk riwayat kontak, 0,001 untuk tingkat pengetahuan dan 0,005 penerapan universal precaution dengan stress pada perawat. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat menyediakan layanan konseling psikologis khusus untuk perawat Instalasi Gawat Darurat RSUP Dr M Djamil Padang dalam memanajemen stress. Kata kunci : Penerapat Universal precaution, Riwayat gejala, Riwayat Kontak, Stress, Tingkat Pengetahuan. Daftar Pustaka : 26 (2007 -2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Aug 2021 07:15
Last Modified: 09 Aug 2021 07:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79567

Actions (login required)

View Item View Item