Fitri, Yenni (2021) Pemanfaatan Modal Sosial Pada Komunitas Jual Beli Padang Panjang Online (PPO). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Text (BAB I PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (473kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV PENUTUP)
Text (BAB IV PENUTUP).pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version Download (177kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses membangun modal sosial antar anggota dalam transaksi jual beli pada komunitas Padang Panjang Online (PPO). PPO adalah komunitas jual beli yang menggunakan aplikasi facebook sebagai wadah interaksinya. Dalam aktifitas jual beli dapat terbentuknya jaringan diantara anggota PPO yang melakukan transaksi jual beli sehingga memperluas pangsa pasar penjual. Dalam mengolah modal sosial ada tahapan yang harus dimiliki oleh komunitas yaitu jaringan dan kepercayaan. Oleh sebab itu penelitian ini akan mengkaji bagaimana cara anggota baik itu penjual, pembeli dan admin dalam membangun modal sosial pada komunitas jual beli PPO tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Dalam penelitian ini informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial oleh Robert M. Z. Lawang yang didalamnya menjelaskan jaringan, kepercayaan dan norma. Hasil penelitian menunjukkan proses membangun modal sosial dalam transaksi jual beli pada komunitas Padang Panjang Online meliputi cara membangun jaringan sosial dan kepercayaan dari admin, penjual dan pembeli. Cara membangun jaringan sosial(1) cara admin membangun jaringan sosial meliputi, mengundang anggota, aktif dalam grup, tidak memasang tarif promosi bagi yang memposting dagangannya sendiri, (2) cara penjual membangun jaringan sosial meliputi, menambahkan sebagai teman dan menyimpan kontak, ramah, aktif dalam grup (sering posting dan promosi), quick response, (3) cara pembeli membangun jaringan sosial meliputi, memnyimpan kontak penjual, sering belanja dan berbagi informasi dengan anggota PPO . Sedangkan proses membangun kepercayaan dari admin, penjual dan pembeli yaitu, (1) cara admin membangun kepercayaan meliputi, penyaringan anggota, mengaktifkan fitur persetujuan postingan, pengecekkan dan pemantauan berkala, (2) cara penjual membangun kepercayaan meliputi, memposting gambar asli, sering memposting testimoni dari pembeli, postingan yang menarik dan menggunakan sistem COD (cash on Delivery), (3) cara membangun rasa percaya pembeli untuk berbelanja di PPO meliputi, melihat testimoni dari pembeli lain, memeriksa atau cek akun penjual, dan menanyakan langsung produk yang ingin dibeli ke penjual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Damsar, MA |
Uncontrolled Keywords: | Modal sosial, Jual Beli Online, Padang Panjang Online |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 07:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 07:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79246 |
Actions (login required)
View Item |