Viola, Kiswara (2021) STRATEGI ADOPSI E-COMMERCE BAGI IKM KERUPUK SANJAI DI KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK .pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
Text (Skirpsi full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
WHO menetapkan pandemi Covid-19 sebagai pandemi global yang berdampak terhadap berbagai sektor, terutama perekonomian Di Indonesia, Ribuan pelaku IKM mengalami penurunan omzet hingga 50%-70%. Salah satu cara bertahan di kondisi ini adalah memanfaatkan e-commerce. Namun, strategi ini belum maksimal diterapkan oleh pelaku bisnis. Khususnya, Kota Payakumbuh yang didominasi oleh IKM yang menjual keripik sanjai. Karena, dari total 1800 unit IKM yang bergerak diberbagai industri hanya sekitar 112 IKM saja yang menerapkan perdagangan digital Penelitian ini bertujuan mengusulkan strategi adopsi e-commerce melalui identifikasi faktor yang mempengaruhi adopsi e-commerce pada IKM keripik sanjai di Kota Payakumbuh. Penentuan faktor dihitung dengan menggunakan metode AHP- Fuzzy, sedangkan perumusan strategi untuk mengatasi faktor tersebut menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan perhitungan, kriteria faktor yang memberikan pengaruh paling besar adalah kriteria teknik, dengan bobot 0,336. Sedangkan untuk subkriterianya adalah jumlah staff yang ahli dibidang teknologi tidak memadai dengan bobot 0,125. Sehingga, berdasarkan faktor tersebut perumusan strategi menggunakan analisis SWOT dengan hasil tiga strategi SO, dua strategi WO, dua strategi ST, dan tiga strategi WT. Penerapan strategi ini diharapkan dapat membantu pelaku IKM Keripik Sanjai yang ada di Kota Payakumbuh untuk mengadopsi e- commerce sebagai sarana dalam memasarkan produknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ikhwan Arief, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, Faktor Pengaruh, Fuzzy AHP, IKM, SWOT |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 06:47 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 06:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79202 |
Actions (login required)
View Item |