Hubungan Mekanisme Koping dengan Kelelahan pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas Selama Masa Pembatasan Sosial COVID-19 Tahun 2021

AFIFA, MARDATILAH (2021) Hubungan Mekanisme Koping dengan Kelelahan pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas Selama Masa Pembatasan Sosial COVID-19 Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 KESIMPULAN)
3 BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5 AFIFA MARDATILAH 1711312028 SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi di indonesia telah mendatangkan permasalahan bagi kehidupan diseluruh dunia. Selain ancaman akan terinfeksi leh virus, pandemi juga menyebabkan pembatasan sosial dan diterapkannya pembelajaran daring di institusi pendidikan. Termasuk di Universitas Andalas. Perubahan yang cepat ini menimbulkan kelelahan pada mahasiswa. Tujuan penelitian untuk memperoleh hubungan mekanisme koping dengan kelelahan pada mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas selama masa pembatasan sosial pandemi covid19 tahun 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode korelatif pendekatan cross sectioal. Sampel diambil dengan teknik proportional startified random sampling. Penelitian ini dilakukan pada 21-28 Mei 2021 di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dengan populasi 521 mahasiswa dan sampel 227 mahasiswa. Kuesioner yang digunakan Jalowiec Coping Scale (JCS) dan Fatigue assessment scale (FAS) yang telah di uji kevalidannya oleh peneliti. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji korelasi spearmean. Hasil penelitian menunjukkan 45,4% mahasiswa mengalami kelelahan sedang, 25,6% mengalami kelelahan tigkat tinggi dan 29,1% mengalami kelelahan tingkat rendah. Tidak terdapat hubungan antara mekanisme koping dan kelelahan pada mahasiswa Keperawatan Universitas Andalas selama masa pembatasan sosial pandemi covid-19 tahun 2021 dengan p Value=0,561. Modifikasi media pembelajaran dari aplikasi yang tidak diperlukannya konsentrasi tinggi diharapkan dapat meminimalisir kelelahan yang dirasakan oleh mahasiswa saat pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M. Kep.,Sp.Kep.J
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Kelelahan Mahasiswa, Mekanisme Koping, Pembelajaran daring.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:20
Last Modified: 03 Aug 2021 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78857

Actions (login required)

View Item View Item