Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Pada Remaja Putri Kelas V dan VI Di Sekolah Dasar Kecamatan Pauh Kota Padang

-, Miftahurrahmi (2021) Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Pada Remaja Putri Kelas V dan VI Di Sekolah Dasar Kecamatan Pauh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini usia menarche sudah bergeser ke usia yang lebih muda. Hal ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti status gizi, sosial ekonomi, dan keterpaparan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan usia menarche pada remaja putri kelas V dan VI di Sekolah Dasar Kecamatan Pauh Kota Padang. Desain penelitian menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 95 responden dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil univariat didapatkan hampir seluruh remaja mengalami menarche dini yaitu sebesar 78,9%, Responden memiliki status gizi normal yaitu 51,6%, sebagian besar orang tua responden memiliki penghasilan yang rendah yaitu 60% dan responden yang terpapar media massa sebesar 62,1%. Hasil bivariat didapatkan ada hubungan status gizi dengan usia menarche pada remaja putri dengan (p-value=0,03), ada hubungan penghasilan orang tua dengan usia menarche (p-value=0,04) dan adanya hubungan keterpaparan media massa dengan usia menarche (p-value=0,02). Dengan adanya penelitian ini diharapkan perlunya memperhatikan status gizi remaja dan pengawasan dari orang tua dalam menggunakan media massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep., M. Biomed.
Uncontrolled Keywords: Menarche, Status Gizi, Sosial Ekonomi, Keterpaparan Media Massa.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:29
Last Modified: 02 Aug 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78697

Actions (login required)

View Item View Item