STUDI FENOMENOLOGI: PEMAHAMAN REMAJA TENTANG ORIENTASI SEKSUAL DIRINYA DAN PANDANGANNYA TERHADAP LGBT DI KOTA PADANG TAHUN 2021

Tian, Nopita Sari (2021) STUDI FENOMENOLOGI: PEMAHAMAN REMAJA TENTANG ORIENTASI SEKSUAL DIRINYA DAN PANDANGANNYA TERHADAP LGBT DI KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 penutup.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Identifikasi orientasi seksual sebagai bagian identitas seksual terjadi di masa remaja, tetapi belum semua remaja memahami orientasi seksualnya. Dengan perkembangan teknologi dan perubahan peran keluarga dapat mempengaruhi orientasi seksual remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman remaja tentang orientasi seksual dirinya dan pandangannya terhadap LGBT. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Mei 2021 hingga 19 Juni 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam. Pemilihan partisipan diambil dengan cara purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 4 orang remaja usia 11-14 tahun yang memiliki kecendrungan ketidaksesuaian gender. Data yang dikumpulkan berupa rekaman hasil wawancara yang di transkrip secara verbatim, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles and Huberman. Hasil penelitian mengidentifikasi 5 tema yaitu Pengetahuan Remaja Tentang Istilah Orientasi Seksual Belum Memadai, Remaja Mulai Mengerti Makna Orientasi Seksual, Berbagai Cara Remaja Dalam Menunjukkan Rasa Tertarik, Pandangan Positif Remaja Menolak LGBT, dan Sumber Informasi Remaja Beragam. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan orang tua dapat menyadari betapa pentingnya pendidikan seksual secara dini sehingga dapat memberikan pendidikan seksual yang tepat kepada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Orientasi Seksual, Remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:26
Last Modified: 02 Aug 2021 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78648

Actions (login required)

View Item View Item