HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK DI MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

FENY, ANGRAINI FITRI (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK DI MASA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Selama pembelajaran daring mahasiswa sering mengalami berbagai kendala yang dapat menyebabkan stres akademik.Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi stres salah satunya dengan dukungan sosial.Setiap mahasiswa mendapatkan dukungan sosial yang berbeda-beda.Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dari dukungan sosial dengan stres akademik selama pembelajaran daring.Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu 72 mahasiswa yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 67 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial dan stres akademik menggunakan The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Academic Stress Inventory of Student.Data di analisa menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh mahasiswa mendapatkan dukungan sosial tinggi (55,6%) dan sebagian besar mahasiswa mengalami stres akademik sedang pada saat pembelajaran daring (62,5%). Terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dengan stres akademik di masa pembelajaran daring (p value = 0,002). Diharapkan mahasiswa dapat menjaga komunikasi dan kedekatan dengan keluarga sehingga dapat membantu mengurangi stres akademik yang dihadapi selama masa pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp,M.Kes
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Dukungan sosial, Stres Pembelajaran daring
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:56
Last Modified: 02 Aug 2021 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78647

Actions (login required)

View Item View Item