Popy, Wahyu Pratama (2021) HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN TINGKAT STRES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA PRODI S1 ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 7 Kesimpulan)
BAB 7 KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Selama pembelajaran online mahasiswa sering mengalami berbagai kendala yang dapat menyebabkan stres. Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi stres salah satunya dengan strategi koping. Setiap mahasiswa memiliki strategi koping yang berbeda-beda tergantung tingkat stres yang dirasakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan strategi koping dengan tingkat stres pembelajaran online pada mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Andalas selama pandemi COVID-19 di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling yaitu 170 mahasiswa sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui google form dari tanggal 31 Mei – 7 Juni 2021. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner strategi koping dan tingkat stres pembelajaran online menggunakan Ways of Coping the Revised Version dan Perceived Stress Scale (PSS-10). Data di analisa menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan lebih dari setengah mahasiswa menggunakan strategi koping emotion focused of coping (62,4%) dan sebagian besar mahasiswa berada pada tingkat stres sedang (90,6%). Mahasiswa yang menggunakan problem focused of coping mengalami stres ringan (10,9%) dan stres sedang (89,1%), sedangkan mahasiswayang menggunakan emotion focused of coping mengalami stres ringan (2,8%) dan stres sedang (97,2%). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara strategi koping dengan tingkat stres pembelajaran online pada mahasiswa (p value = 0,042). Mahasiswa diharapkan dapat secara aktif mencari penyelesaian dari masalah yang dialami dengan menggunakan strategi koping yang efektif dan sesuai dan juga melakukan konseling sehingga stres yang dialami dapat diatasi dan berkurang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M.Kep |
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa, Strategi Koping, Stres Pembelajaran Online |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Program S1 Keperawatan |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:59 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:59 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78638 |
Actions (login required)
View Item |