HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

Dina, Mahira (2021) HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB VII.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Lengkap Dina Mahira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Kemudahan akses internet saat ini membuat remaja lebih rentan terhadap kecanduan internet. Penelitian ini difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi kecanduan internet yaitu kesepian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan kecanduan internet pada mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Metode penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas keperawatan dengan jumlah sampel sebanyak 227 responden menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah UCLA Loneliness Scale (Version 3) untuk mengukur kesepian dan Internet Addiction Test (IAT) untuk mengukur kecanduan internet. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kesepian adalah 58,07 yang merupakan kesepian sedang dan skor rata-rata kecanduan internet adalah 58,70 yang merupakan kecanduan internet sedang. Hasil analisa bivariat menggunakan uji Spearman menunjukkan nilai p=0,000 dan nilai r=0,524 yang berarti ada hubungan yang bermakna antara kesepian dengan kecanduan internet dengan kekuatan hubungan sedang dan arah positif. Hal ini berarti semakin tinggi kesepian maka semakin tinggi kecanduan internet. Mempertimbangkan pengaruh kecanduan internet terhadap kesehatan remaja tersebut, pihak fakultas perlu menerapkan program pusat konseling, dan mengadakan studi intervensi untuk menilai efektifitas program tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Internet, Kesepian, Remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:37
Last Modified: 02 Aug 2021 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78515

Actions (login required)

View Item View Item