HUBUNGAN PERSEPSI PENYAKIT DAN LAMA MENDERITA TERHADAP SELF-CARE MANAGEMENT PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2021

Silvia, Zuela (2021) HUBUNGAN PERSEPSI PENYAKIT DAN LAMA MENDERITA TERHADAP SELF-CARE MANAGEMENT PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI PUSKESMAS KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
cover dan abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB AKHIR.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Full Text.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Self-care merupakan manajemen perawatan diri untuk mencegah komplikasi pada penderita diabetes mellitus.Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi self-care seseorang yakni persepsi penyakit dan lama menderita diabetes mellitus.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan, arah dan keeratan hubungan dari persepsi penyakit dan lama menderita terhadap penderita diabetes mellitus tipe 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah 74 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner B-IPQdanSDSCA-Revised.Analisa data menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian didapatkan rata-rata persepsi penyakit 48,59, rata-rata lama menderita selama 5,00 tahun, rata-rata self-care pasien diabetes mellitus 48,58. Terdapat korelasi yang bermakna antara persepsi penyakit dengan self-care pasien diabetes mellitus dengan nilai p value = 0,00. Tidak adanya hubungan bermakna antara lama menderita dengan self-care penderita diabetes mellitus dengan nilai p value = 0,132 (p> 0,05). Disarankan kepada penderita diabetes mellitus untuk dapat menjalankan self-care sesuaidengan yang dianjurkan oleh PERKENI terutama pada aktivitas fisik dan perawatan kaki yang sesuai dengan prosedur.Serta tenaga kesehatan dapat memberikan informasi tentang diabetes mellitus untuk meningkatkan persepsi pasien terkait penyakitnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp., MN., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Diabetes mellitus tipe 2, persepsi penyakit, lama menderita, self-care
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:09
Last Modified: 02 Aug 2021 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78432

Actions (login required)

View Item View Item