Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Yessy, Tamara (2021) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar selama Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Hasil belajar merupakan tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan mahasiswa dalam suatu proses pembelajaran pada jangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam bentuk Indeks Prestasi (IP). Hasil belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam dan luar diri individu yaitu, kesehatan, intelegensi, minat dan motivasi belajar. Motivasi belajar memegang peranan penting dalam naik turunnya hasil belajar. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar selama masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Dilaksanakan di Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2021 dengan membagikan kuesioner online. Subjek penelitian ini adalah Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-square dan dilanjutkan dengan Test Spearman dengan p-value ≤ 0,05. Hasil Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 29 responden memiliki hasil belajar dengan kategori sangat baik sebesar 49%. Hasil analisis didapatkan p-value=0,001 (p<0,05). menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar selama masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kesimpulan Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar selama masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, perlu adanya motivasi belajar dalam proses mencapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yessy Tamara, S.Keb
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Pandemi, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 02 Aug 2021 06:44
Last Modified: 02 Aug 2021 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78391

Actions (login required)

View Item View Item