MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PADANG PANJANG

Rahayu, Sri Mulyani (2021) MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULLTEXT .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sri Mulyani, No. Bp 1410841022, Manajemen Pelayanan Kesehatan Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang 2021, Dibimbing Oleh: Dr. Ria Ariany, M.Si dan Misnar Sitriwanti, S.AP,M.Si, Skripsi ini terdiri dari 188 halaman dengan referensi 13 buku teori, 5 buku metode, 3 skripsi, 1 jurnal, 3 dokumen dan 3 website internet. Pelayanan rawat jalan di RSUD Padang Panjang merupakan pelayanan kesehatan yang melayani tindakan observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medis serta pelayanan kesehatan lainnya tanpa harus menginap. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yaitu masih kurangnya sumber daya manusia dibeberapa poliklinik sehingga mengakibatkan adanya peran ganda yang dimiliki oleh seorang perawat karena harus memiliki tanggung jawab ditiga poliklinik sekaligus, adanya keterlambatan pendistribusian rekam medis dan juga ditemukan masyarakat yang tidak mengerti pendaftaran secara online. Untuk itu diperlukan suatu proses manajemen pelayanan yang baik agar pelayanan yang diberikan dapat memberikan kepuasan dan keselamatan pada pasien. Hasil penelitian menunjukkan dari teori yang dikemukakan oleh H.Konntz dan O’Donnel adalah (1) Perencanaan cukup baik, namun setelah adanya pandemic covid-19 terjadi beberapa perubahan dalam pelayanan rawat jalan seperti kunjungan pasien rawat jalan menurun, jadwal layanan berubah mulai dari jam 09.00 WIB sampai jam 12.00 WIB dan pelaksanaan pelayanan kesehatannya masih ditemukan kendala yaitu keterlambatan kedatangan dokter dan masyarakat yang tidak mengerti akan pengunaan pendaftaran secara online, kurangnya anggaran membuat pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang direncanakan setiap tahunnya menjadi terhambat (2) Pengorganisasian cukup baik, namun kurangnya sumber daya manusia di bagian pendistribusian rekam medis membuat layanan sedikit terganggu seperti keterlambatan dalam mendistribusikan rekam medis pasien ke Poliklinik (3) Proses penyusunan pegawai cukup baik dengan menempatkan perawat sesuai dengan keterampilan yang dimiliki (4) Faktor kepemimpinan juga dilakukan dengan sangat baik sehingga komunikasi dapat berjalan lancar baik itu kepada pasien maupun antar pelaksana pelayanan. (5) Pengawasan dan pengendalian yang dilakukan cukup maksimal tapi masih ditemukan kendala terkait kedisiplinan perawat terkadang masih ditemukan perawat yang tidak berada di lokasi saat masih jam pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah fungsi manajemen menurut H.Koontz dan O’Donnel terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, penyusunan pegawai, memimpin dan pengawasan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Unit Rawat Jalan RSUD Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan Rawat Jalan, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 03 Aug 2021 08:43
Last Modified: 03 Aug 2021 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78338

Actions (login required)

View Item View Item