Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Siswa SMAN 2 Padang Panjang di Masa Pandemi COVID-19

Adzkia, Pinta Dano (2021) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Siswa SMAN 2 Padang Panjang di Masa Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Penutup)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan-perubahan sistem pendidikan akibat pandemi COVID-19 menjadikan siswa rentan terkena stres akademik. Terdapat 5 faktor yang mepengaruhi stres akademik menurut teori Sun (2013), yaitu tekanan belajar, beban tugas, kekhawatiran terhadap nilai, ekspektasi terhadap diri sendiri dan keputusasaan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan stres akademik dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik siswa SMAN 2 Padang Panjang di masa pandemi COVID-19. Desain penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Pengambilan subjek penelitian menggunakan simple random sampling berjumlah 165 orang siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Instrumen penelitian adalah kuesioner stres akademik dan kuesioner ESSA (Educational Stres Scale for Adolescent) menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan 63,6% responden memiliki tingkat stres akademik tinggi, 55,8% memiliki tekanan pembelajaran tinggi, 73,9% memiliki beban tugas tinggi, 88,5% khawatir terhadap nilai yang tinggi, 84,2% memiliki ekspektasi terhadap diri yang tinggi, dan 69,7% memiliki keputusasaan pembelajaran tinggi. Berdasarkan analisis bivariat terdapat hubungan pada tekanan pembelajaran (p=0,035), beban tugas (p=0,019), khawatir terhadap nilai (p=0,038), dan ekspektasi terhadap diri (p=0,014) dengan tingkat stres akademik. Hasil analisis multivariat diperoleh variabel yang paling berhubungan adalah khawatir dengan nilai, dimana siswa yang memiliki khawatir dengan nilai yang tinggi beresiko 3,361 kali memiliki stres akademik tinggi. Diharapkan siswa dapat belajar dengan giat dan mengenal kemampuan dirinya dengan memperbaiki cara belajar yang sesuai dengan siswa. Siswa juga dapat melakukan kegiatan bermanfaat untuk mengelola stres yang dirasakan, serta mengasah potensi, bakat, dan minat yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd Jamil, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: stres akademik, siswa, pandemi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:57
Last Modified: 23 Jul 2021 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78129

Actions (login required)

View Item View Item