HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2021

Irene, Sandra Olivia (2021) HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan terhadap 10 orang petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tanah Datar didapatkan bahwa 90% petugas merasakan gejala stres seperti sakit kepala, bibir kering, dan mudah marah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan karakteristik individu dengan stres kerja pada petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tanah Datar. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada bulan November 2020 hingga April 2021 di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Datar dengan populasi sebanyak 74 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh petugas lapangan pemadam kebakaran Kabupaten Tanah Datar. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Analisis data dengan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 39,1% petugas pemadam kebakaran mengalami stres kerja berat, 39,1% memiliki beban kerja berat, 21,9% berumur tua (> 35 tahun), 23,4% memiliki masa kerja lama (> 5 tahun), dan 82,8% memiliki riwayat pelatihan tidak lengkap. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara beban kerja (p-value=0,000) dengan stres kerja. Tidak ada hubungan yang bermakna antara umur (p-value=0,363), masa kerja (p-value=0,603), dan riwayat pelatihan (p-value=0,378) dengan stres kerja. Diharapkan instansi terkait dapat melakukan pemeriksaan kesehatan mental pada petugas pemadam kebakaran yang dapat dilakukan pada pemeriksaan awal dan berkala sehingga kondisi psikologis petugas dapat dipantau dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fea Firdani, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Pemadam Kebakaran, Stres Kerja, Beban Kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:16
Last Modified: 04 Aug 2021 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78096

Actions (login required)

View Item View Item