FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PELAJAR SMA NEGERI 1 LUBUK ALUNG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021

Mia, Fadillah Mirfan (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PELAJAR SMA NEGERI 1 LUBUK ALUNG DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 (Penutup))
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full_Mia Fadillah Mirfan)
Skripsi Full_Mia Fadillah Mirfan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Padang Pariaman umumnya terjadi di jalan raya Padang-Bukittinggi, dengan kasus tertinggi di Kecamatan Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pada pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Alung di Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2021. Penelitian kuantitatif desain cross sectional. Populasi dan sampel sebanyak 60 orang, dengan teknik total sampling. Analisa data dengan analisis univariat dan bivariat, menggunakan uji statistik chi square (derajat kepercayan 95% CI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53,3% responden berperilaku safety riding yang buruk, 48,3% responden berpengetahuan safety riding yang rendah, 58,3% responden bersikap negatif terhadap safety riding, 56,7% responden berjenis kelamin laki-laki, terdapat hubungan antara pengetahuan (p=0,002) dan sikap (p=0,011) dengan perilaku safety riding, dan tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin (p=0,475) dengan perilaku safety riding pada pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Pengetahuan dan sikap merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding. Untuk pencegahan kecelakaan lalu lintas, maka perlu meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan sikap positif pelajar terhadap safety riding. Disarankan kepada pihak sekolah bekerjasama dengan kepolisian satuan lalu lintas dan didukung oleh Dinas Perhubungan dalam melakukan sosialisasi safety riding kepada pelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novia Wirna Putri, SKM, MPH
Uncontrolled Keywords: perilaku, safety riding, pelajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 02 Aug 2021 06:07
Last Modified: 02 Aug 2021 06:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78092

Actions (login required)

View Item View Item