TINGKAT KEPUASAN PASIEN DITINJAU DARI PERBEDAAN STATUS AKREDITASI DAN FAKTOR DETERMINAN PADA PUSKESMAS TERAKREDITASI KOTA PADANG TAHUN 2021

Nikmatallizra, Nikmatallizra (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN DITINJAU DARI PERBEDAAN STATUS AKREDITASI DAN FAKTOR DETERMINAN PADA PUSKESMAS TERAKREDITASI KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi full Nikmatallizra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Akreditasi Puskesmas merupakan upaya dari pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas agar kepuasan pasien meningkat. Namun, pada 3 puskesmas terakreditasi di Kota Padang mengalami penurunan IKM dari tahun 2019-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status akreditasi puskesmas dengan kepuasan pasien di puskesmas terakreditasi Kota Padang tahun 2021. Metode Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan dari Desember 2020 – Mei 2021 dengan populasi penelitian pasien rawat jalan di Puskesmas Lubuk Buaya (utama), Puskesmas Andalas (madya), dan Puskesmas Pauh (dasar). Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate sampling dilanjutkan dengan accidental sampling. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% dan nilai p-value <0,005. Hasil Secara keseluruhan kepuasan pasien di tiga puskesmas terakreditasi adalah 91,8%. Kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Buaya dan Puskesmas Andalas sebesar 100% dan kepuasan pasien di Puskesmas Pauh sebesar 60%. Terdapat hubungan antara status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas terakreditasi di Kota Padang tahun 2021 dengan p-value 0,000. Kesimpulan Terdapat hubungan antara status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien di puskesmas terakreditasi Kota Padang tahun 2021. Disarankan kepada Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Andalas, dan Puskesmas Pauh untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Siswati Christiana Tuty Ernawati
Uncontrolled Keywords: Status Akreditasi Puskesmas, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:46
Last Modified: 22 Jul 2021 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77994

Actions (login required)

View Item View Item