Determinan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Padang Tahun 2021

Ulfa, Hasanah (2021) Determinan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_ULFA HASANAH_1711213031.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Kepuasan kerja merupakan hal yang perlu diperhatikan organisasi, karena tingginya angka ketidakpuasan kerja karyawan dapat meningkatkan angka turnover serta dapat menurunkan angka kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui determinan kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Padang Tahun 2021. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed methods model sequential explanatory, dilakukan Januari 2020-Mei 2021. Penelitian kuantitatif dilakukan pada 65 perawat dengan menggunakan analisis univariat, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan pada 7 informan menggunakan teknik purpossive sampling dengan analisis triangulasi sumber dan metode Hasil Hasil penelitian menunjukkan ketidakpuasan kerja perawat sebanyak 53,8%, 56,9% tidak sesuai dengan gaji, 52,3% mempunyai hubungan interpersonal tidak baik, 55,4% tidak sesuai dengan kebijakan organisasi, 61,5% tidak puas dengan pengakuan dari rumah sakit. Penyebabnya karena sistem penggajian belum sesuai standar yang ditetapkan pemerintah, bonus diluar gaji yang tidak diberikan, adanya ketidaksesuaian perawat dengan kebijakan rumah sakit terutama program tugas belajar yang ditiadakan, dan kurangnya penghargaan terhadap hasil kerja perawat. Kesimpulan Ketidakpuasan kerja di Islam Ibnu Sina masih tinggi. Diharapkan kepada rumah sakit untuk mengevaluasi sistem penggajian agar sesuai dengan pedoman jasa perawat dari pemerintah serta dalam penetapan kebijakan organisasi adanya keterlibatan karyawan agar kebijakan sesuai dengan harapan karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:50
Last Modified: 23 Jul 2021 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77962

Actions (login required)

View Item View Item