Ulfa, Hasanah (2021) Determinan Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (526kB) | Preview |
|
|
Text (BAB akhir (Kesimpulan))
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (374kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (406kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI_ULFA HASANAH_1711213031.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan Kepuasan kerja merupakan hal yang perlu diperhatikan organisasi, karena tingginya angka ketidakpuasan kerja karyawan dapat meningkatkan angka turnover serta dapat menurunkan angka kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui determinan kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Kota Padang Tahun 2021. Metode Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed methods model sequential explanatory, dilakukan Januari 2020-Mei 2021. Penelitian kuantitatif dilakukan pada 65 perawat dengan menggunakan analisis univariat, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan pada 7 informan menggunakan teknik purpossive sampling dengan analisis triangulasi sumber dan metode Hasil Hasil penelitian menunjukkan ketidakpuasan kerja perawat sebanyak 53,8%, 56,9% tidak sesuai dengan gaji, 52,3% mempunyai hubungan interpersonal tidak baik, 55,4% tidak sesuai dengan kebijakan organisasi, 61,5% tidak puas dengan pengakuan dari rumah sakit. Penyebabnya karena sistem penggajian belum sesuai standar yang ditetapkan pemerintah, bonus diluar gaji yang tidak diberikan, adanya ketidaksesuaian perawat dengan kebijakan rumah sakit terutama program tugas belajar yang ditiadakan, dan kurangnya penghargaan terhadap hasil kerja perawat. Kesimpulan Ketidakpuasan kerja di Islam Ibnu Sina masih tinggi. Diharapkan kepada rumah sakit untuk mengevaluasi sistem penggajian agar sesuai dengan pedoman jasa perawat dari pemerintah serta dalam penetapan kebijakan organisasi adanya keterlibatan karyawan agar kebijakan sesuai dengan harapan karyawan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit Kepuasan Kerja, Perawat, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 06:50 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 06:50 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77962 |
Actions (login required)
View Item |