Analisis Keinginan Memanfaatkan Ulang Layanan Public Safety Center (PSC) 119 Khadim Serambi Mekah Kota Padang Panjang Tahun 2021

Syafa Tasya, Salsabila (2021) Analisis Keinginan Memanfaatkan Ulang Layanan Public Safety Center (PSC) 119 Khadim Serambi Mekah Kota Padang Panjang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Syafa Tasya Salsabila.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL SYAFA TASYA SALSABILA (1711212016).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Public Safety Center merupakan pusat layanan kegawatdaruratan berbasis call center 119. Pemanfaatan PSC 119 Khadim Serambi Mekah masih belum efektif dan cenderung rendah dimana hanya 0,2% masyarakat Padang Panjang yang sudah memanfaatkan PSC pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya pemanfaatan PSC 119 di Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode mixed methode dengan model Sequential Explanatory pada Bulan November 2020-Mei 2021. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan desain Cross Sectional pada 54 orang. Penelitian kualitatif dilakukan kepada 10 orang informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian didapatkan 53,7% responden dengan persepsi kurang baik, 40,7% memiliki sikap negatif dan 48,1% tergolong pemanfaatan kurang baik. Hasil analisis bivariate terdapat hubungan antara persepsi dan sikap dengan pemanfaatan ulang. Adapun faktor penyebab rendahnya pemanfaatan PSC adalah kurangnya sosialisasi, petugas terlambat datang ke lokasi, panggilan lama terhubung dengan operator dan belum adanya aplikasi peta digital. Pelaksanaan layanan PSC 119 KSM pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, akan tetapi pemanfaatan program masih belum efektif dan cenderung rendah. Rendahnya pemanfaatan PSC 119 disebabkan oleh tiga akar masalah yaitu tenaga, sarana prasarana dan sosialisasi. Diharapkan diadakannya pelatihan gawat darurat secara berkala, pembuatan aplikasi peta digital dan memaksimalkan sosialiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Public Safety Center, call center, Pemanfaatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:56
Last Modified: 19 Jul 2021 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77779

Actions (login required)

View Item View Item