Inovasi Pelayanan Program Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (Rasa Sejiwa)Di Puskesmas Nanggalo Kota Padang

Meddian, Saputra (2021) Inovasi Pelayanan Program Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (Rasa Sejiwa)Di Puskesmas Nanggalo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover+Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI)
Skripsi Full(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya kasus amuk yang terjadi di Kelurahan Kurao Pagang dan masih kurang pekanya masyarakat mengenai masalah kesehatan jiwa khususnya orang dengan gangguan jiwa maka Puskesmas Nanggalo membentuk sebuah inovasi Kelurahan siaga sehat jiwa (Rasa Sejiwa) yang diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan jiwa khususnya di daerah Kurao Pagang. Berdasarkan fenomena diatas peneliti tertarik untuk mengetahui apa tipologi Inovasi program Kelurahan Siaga sehat jiwa (rasa Sejiwa) di Puskesmas Nanggalo Kota Padang untuk mengatasi masalah gangguan jiwa di wilayah Nanggalo khususnya Kurao Pagang. Penelitian ini menggunakan teori Tipologi Inovasi yang digagas oleh Khairul Muluk. Dalam teori tersebut terdapat lima tipologi inovasi sektor publik yaitu: inovasi produk pelayanan, inovasi proses pelayanan, inovasi metode pelayanan, inovasi kebijakan, dan inovasi sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pemilihan informannya yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data yang didapat di lapangan, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pada inovasi program Kelurahan Siaga Sehat Jiwa di Puskesmas Nanggalo lebih dominan ke dalam tiga tipologi yaitu pada Inovasi Produk Layanan seperti terbentuknya Posyandu Seroja dan pemantauan minum obat oleh kader, pada Inovasi Proses Layanan adanya organisasi yang dibuat khusus pada Program Rasa Sejiwa di Kurao Pagang dengan melibatkan kader jiwa dan pihak kelurahan serta perubahan prosedur dalam memberikan pelayanan, dan pada Inovasi Metode Layanan terdapat cara baru dalam berinteraksi dengan melibatkan interaksi antara pasien, keluarga pasien, petugas Puskesmas dan kader jiwa. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti tidak semua pasien mau mengkuti kegiatan posyandu seroja dan masih adanya keluarga yang acuh terhadap pasien jiwa. Selain itu, ketersediaan obat juga menjadi kendala dalam melakukan kegiatan Rasa Sejiwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM.
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Rasa Sejiwa, Gangguan Jiwa.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 14 Jul 2021 07:29
Last Modified: 14 Jul 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77490

Actions (login required)

View Item View Item