ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA AIR BERBASIS PERTANIAN BERIRIGASI DI KELURAHAN LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Nesa, Fadhillah (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA AIR BERBASIS PERTANIAN BERIRIGASI DI KELURAHAN LIMAU MANIS KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK dan COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V KESIMPULAN dan SARAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI NESA FADHILLAH 1610222022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wisata air kolam renang Buk Em merupakan usaha dalam skala hamparan kecil yang memanfaatkan air irigasi sebagai sumberdaya utamanya. Wisata ini memberikan pelayanan jasa kepada pengunjung, oleh sebab itu wisata air kolam renang Buk Em harus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan wisata air dan menganalisis tingkat kepuasan pengunjung wisata air berbasis pertanian beririgasi di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada 67 orang pengunjung wisata air dengan metode non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan manajemen wisata air kolam renang Buk Em dikelola oleh anggota keluarga dan pengelolaan manajemennya secara konvensional dan belum menerapkan pengelolaannya berdasarkan fungsi manajemen dengan baik. Analisis kepuasan konsumen atau Importance Performance Analysis (IPA) untuk tingkat kepentingan mencapai 4.30 yang artinya dinilai sangat penting oleh pengunjung dan untuk tingkat kinerja hanya mencapai 3.00 yang artinya secara keseluruhan dinilai cukup baik oleh pengunjung. Berdasarkan nilai indeks kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index (CSI), diketahui bahwa nilai CSI adalah sebesar 0.617 yang artinya pengunjung merasa cukup puas. Sehingga pihak wisata air harus memperbaiki dan meningkatkan atribut yang masih kurang dalam penilaian pengunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Helmi. M.Sc. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Wisata Air, Kolam Renang Buk Em, Tingkat Kepuasan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:20
Last Modified: 05 Jul 2021 07:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76798

Actions (login required)

View Item View Item