PERBANDINGAN STRATEGI DAN AKTIVITAS PEMASARAN UMKM PRIBUMI DAN NON-PRIBUMI (Studi pada UMKM oleh-oleh makanan khas Minang di Kota Padang)

Albert, Agiza Agustian (2019) PERBANDINGAN STRATEGI DAN AKTIVITAS PEMASARAN UMKM PRIBUMI DAN NON-PRIBUMI (Studi pada UMKM oleh-oleh makanan khas Minang di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)_.PDF - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).PDF - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya UMKM oleh-oleh makanan khas Sumatera Barat yang bermunculan di Sumatera Barat menjadikan tidak semua usaha dapat berjalan dengan baik karena adanya persaingan usaha, dimana terdapat perbedaan antara UMKM baik dalam segi kualitas maupun segi kuantitasnya. UMKM makanan oleh-oleh di Sumatera Barat terutama di Kota Padang biasanya didominasi oleh Non-pribumi yang merupakan masyarakat bukan asli Padang yang sudah lama menetap di Kota Padang. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana perbandingan pemasaran pada UMKM pribumi dan non- pribumi yang ada di Kota Padang. Apakah ada perbedaan aktivitas dan strategi pemasaran pada UMKM pribumi dan non pribumi. Dalam mengumpulkan data metode yang digunakan dengan mewawancarai informan secara langsung. Jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi-terstruktur yang berarti peneliti sudah memiliki pedoman tentang informasi apa yang akan dikumpulkan. Dari hasil penelitian strategi pemasaran dan aktivitas pemasaran yang dilakukan UMKM oleh-oleh makanan khas Minang yang dimiliki oleh pribumi dan non-pribumi memiliki kesamaan dan perbedaan. Dapat ditarik kesimpulan kenapa non-pribumi lebih terkenal dibandingkan pribumi, karena non-pribumi lebih giat dalam menggaet konsumen dibandingkan UMKM milik pribumi. UMKM non-pribumi ini mampu memberikan kemudahan kepada konsumen dengan cara pemesanan melalui online, telepon, dan whatsapp, dan juga bisa dibantu kirim melalui ekspedisi dari UMKM tersebut. UMKM oleh-oleh mkanan khas Minang terutama pribumi, perlu melakukan pengembangan pasar misalnya, memberikan delivery service. Sebaiknya dilakukan lebih banyak promosi bagi UMKM oleh-oleh makanan khas Minang baik non pribumi dan pribumi secara online, media massa, dan media elektronik agar bisa lebih banyak menjangkau pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulia Hendri Yeni, SE, MT
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pemasaran, Strategy Pemasaran, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:04
Last Modified: 23 Jun 2021 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76681

Actions (login required)

View Item View Item