Transformasi Ta'aruf Menuju Pernikahan di Era 4.0 (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Ta'aruf untuk Mengenal Pasangan melalui Perantara di Kota Padang)

Eda, Elysia (2021) Transformasi Ta'aruf Menuju Pernikahan di Era 4.0 (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Ta'aruf untuk Mengenal Pasangan melalui Perantara di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK- EDA ELYSIA.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I - Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN ) - EDA ELYSIA.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir - Kesimpulan)
BAB AKHIR - KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - EDA ELYSIA.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img] Text (Thesis - Full Text)
TESIS EDA ELYSIA - FIX (PRINT) - TRANSFORMASI TA'ARUF DI ERA 4.0 (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Eda Elysia Program Studi : Magister Ilmu Komunikasi Judul : Transformasi Ta’aruf Menuju Pernikahan di Era 4.0 (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Ta’aruf untuk Mengenal Pasangan melalui Perantara di Kota Padang) Ta’aruf merupakan proses saling mengenal bagi individu maupun pasangan yang dianjurkan oleh agama Islam. Proses ta’aruf yang dilakukan sebelum pernikahan termasuk tahapan hubungan dalam komunikasi interpersonal. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pergeseran makna yang terjadi dalam proses ta’aruf yang dijalani oleh pria dan wanita yang sudah menikah serta individu yang “sedang menjalani ta’aruf.” Dalam proses ta’aruf ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh mereka yang ingin mencari pasangan hidup melalui perantara. Tahapan ta’aruf saat ini mengalami perkembangan dan pergeseran makna mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan media sosial. Penelitian dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi ini lebih fokus untuk menggali tahapan hubungan komunikasi interpersonal dalam proses ta’aruf, peranan perantara dalam ta’aruf dan transformasi ta’aruf melalui analisis data Interpretative Phenomenological Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, tahapan dalam proses ta'aruf klasik, antara lain : perkenalan, konfirmasi, penjajakan, pertemuan keluarga dan menetapkan hari pernikahan. Tahapan dalam ta'aruf online, antara lain : register, ada syarat dan ketentuan, membayar biaya administrasi, posting biodata dan peserta bertindak sendiri. Kedua, peranan perantara dalam ta’aruf sebagai sumber informasi, mediator dan controlling. Ketiga, transformasi ta’aruf di era 3.0 dan 4.0 ini ditinjau dari aspek individu dalam memahami ta’aruf, perantara ta’aruf serta status ta’aruf yang sebelumnya bersifat rahasia menjadi sesuatu yang dikonsumsi publik. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Interpretative Phenomenological Analysis, Ta’aruf, Transformasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:29
Last Modified: 11 Jun 2021 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76368

Actions (login required)

View Item View Item