LITERATURE REVIEW : PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI KELOMPOK SEBAYA TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

Desrila, Indra Sari (2021) LITERATURE REVIEW : PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI KELOMPOK SEBAYA TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DESRILA.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text Desrila Indra Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan cara yang termudah dan efektif untuk mendeteksi secara dini terjadinya kanker payudara. Pengetahuan tentang kanker payudara dan praktik SADARI ini masih banyak belum diketahui wanita khususnya remaja putri. Peer group merupakan salah satu metode yang tepat digunakan dalam pemberian pendidikan kesehatan pada remaja karena pada masa remaja ketergantungan kepada teman sebaya sangat tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode peer group terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja tentang SADARI. Metode penelitian ini adalah literatur review dari artikel penelitian kuantitatif yang diterbitkan tahun 2010-2020, yang mencakup pencarian pada tiga database yaitu PubMed, Science Direct, dan Portal Garuda. Kriteria inklusi yang diambil dalam literatur review ini meliputi jurnal full text bahasa inggris dan Indonesia dengan responden remaja perempuan dengan menggunakan intervensi pendidikan kesehatan metode peer group yang membahas tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja dalam melakukan SADARI. Enam jurnal direview dan didapatkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja tentang SADARI setelah dilakukan pendidikan kesehatan metode peer group education yang ditandai dengan didapatkannya p value < 0,05 pada masing masing artikel. Disarankan untuk mengaplikasikan metode peer group sebagai salah satu metode pembelajaran khususnya untuk pembelajaran psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: peer group education, remaja, pengetahuan, sikap, dan tindakan SADARI.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2021 02:45
Last Modified: 21 May 2021 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75694

Actions (login required)

View Item View Item