Hubungan Jarak Kehamilan dan Anemia Pada Ibu Dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2019

Putri, Devaranti (2021) Hubungan Jarak Kehamilan dan Anemia Pada Ibu Dengan Kejadian Berat Badan Lahir Rendah di Wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak1.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img] Text
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat badan bayi pada saat lahir kurang dari 2500 gram yang ditimbang dalam satu jam pertama setelah lahir. Penyebab tertinggi kematian neonatal adalah bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Salah satu faktor yang mempengaruhi BBLR adalah jarak kehamilan ibu yang berisiko dan anemia dalam kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jarak kehamilan dan anemia pada ibu dengan kejadian berat badan lahir rendah di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2019. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan desain case control, di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Sampel kasus pada penelitian ini adalah ibu yang melahirkan bayi BBLR di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya tahun 2019 dan sampek kontrol adalah ibu yang melahirkan bayi BBLN di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya tahun 2019 dengan metode simple random sampling pada kelompok kontrol sedangkan pada kelompok kasus semua sampel BBLR. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis Chi-square, serta menggunakan analisis multivariat. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna jarak kehamilan ibu <2 tahun (p=0,014; OR=3,519) dan anemia dalam kehamilan (p=0,004; OR=4,400) dengan kejadian BBLR di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota padang. Analisis multivariat didapatkan anemia dengan OR (7,634) lebih berhubungan dengan kejadian BBLR di Wilayah Puskesmas Kota Padang tahun 2019. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara jarak kehamilan dan anemia pada ibu dengan kejadian berat badan lahir rendah (BBLR), serta anemia lebih berhubungan dengan kejadian BBLR di wilayah Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang tahun 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Feni Andriani, Bd., M.Keb
Uncontrolled Keywords: BBLR, Jarak Kehamilan, Anemia
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 21 May 2021 02:41
Last Modified: 21 May 2021 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75503

Actions (login required)

View Item View Item