PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI GIZI BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL YANG MENDAPATKAN PUDING DADIH DI KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2020

Yen, Elvince (2021) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI GIZI BERBASIS MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL YANG MENDAPATKAN PUDING DADIH DI KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan dan Saran)
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Angka kematian Ibu (AKI) di Indonesia bertolak belakang dengan target MDG’s. Faktor-faktor yang mempengaruhi AKI dalam masalah gizi yaitu anemia dan kurang energi kronis (KEK). Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mencapai kesehatan ibu yaitu dengan memberikan edukasi dalam meningkatkan pengetahuan ibu selama kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi gizi berbasis media sosial terhadap pengetahuan dan kenaikan berat badan ibu hamil yang mendapatkan puding dadih di Kota Padang Panjang tahun 2020. Metode penelitian ini adalah quasy experimental pre-post test control group design. Sampel terdiri dari 30 orang ibu hamil yang mendapatkan puding dadih menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis dengan uji paired sample t-test dan independent sample –test. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan signifikan rata-rata skor pengetahuan ibu hamil antara kelompok perlakuan dan kelompok dan ada perbedaan signifikan skor pengetahuan gizi sebelum dan setelah edukasi gizi. Tidak ada perbedaan signifikan kenaikan berat badan ibu hamil kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dan ada perbedaan signifikan selisih rata-rata kenaikan berat badan ibu hamil sebelum dan setelah edukasi gizi. Pemberian edukasi gizi sangat mempengaruhi peningkatan pengetahuan dan kenaikan berat badan ibu hamil di Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: booklet, edukasi gizi, ibu hamil, media sosial
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 18 May 2021 06:42
Last Modified: 18 May 2021 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75318

Actions (login required)

View Item View Item