ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN BYPASS KOTA PADANG

Atiqah, Putri Riyan (2021) ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN BYPASS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Jl. Bypass Kota Padang adalah ruas jalan yang memiliki lalu lintas tinggi karena dilalui oleh masyarakat untuk melakukan aktifitas dikarenakan akses jalan menuju perumahan dan pusat kapital yang mudah dipahami dan untuk kebeberapa lokasi Jl. Bypass menjadi pilihan dikarenakan mempersingkat waktu perjalanan. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder ini didapat melalui institusi yaitu Dinas Perhubungan dan Unit Laka Lantas Polresta Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode accident rate . Setelah dilakukan pengumpulan data, dilakukanlah pengolahan data dengan cara deskriptif agar diketahui penyebab dari kecelakaan yang terjadi. Kemudian digunakan metode accident rate untuk mengetahui angka accident rate pada ruas jalan tersebut. Hasil yang didapat bahwasanya pada KM 8 Jl Bypass Kota Padang merupakan KM yang paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas dengan angka kecelakan selama tahun 2017-2019 sebesar 34 kejadian kecelakaan. Nilai Accident rate pada tahun 2017 adalah sebesar 2,81 kecelakaan/km.tahun, 2018 dengan angka 3,96 kecelakaan/km.tahun dan 2019 dengan angka 4,07 kecelakaan/km.tahun Penyebab terbanyak terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan ini adalah faktor manusia dengan persentase sebesar 90,37%. Pada faktor manusia yang terbanyak menyebabkan kecelakaan adalah pindah jalur dengan kurang berhati-hati dengan nilai persentase kecelakaan sebesar 18,27% dari total kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan tersebut periode 2017-2019. Berdasarkan analisis yang dilakukan, sebaiknya institusi terkait lebih sering lagi melakukan pengawasan terhadap pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Serta memberikan sanksi terhadap pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Kemudian sering melakukan sosialisasi mengenai cara berkendara yang baik dan aman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yosritzal, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan,Accident Rate,Blackspot
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:25
Last Modified: 29 Apr 2021 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74823

Actions (login required)

View Item View Item