STUDI PELUANG PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA USIA MUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

Immelda, Wahyuni (2021) STUDI PELUANG PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA USIA MUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
3. Bab V Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tugas Akhir Immelda Wahyuni 1710923038)
5. Tugas Akhir Immelda Wahyuni 1710923038.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan Kendaraan dengan atau tanpa Pengguna Jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Pada tahun 2019 Indonesia mengalami peningkatan angka kecelakaan sebesar 3% dari tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis peluang penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di usia muda dan mengetahui objek yang menjadi peluang penyebab kecelakaan lalu lintas pada usia muda .Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Fault Tree Analysis (FTA) FTA merupakan metode analisis deduktif untuk mengidentifikasi terjadinya kerusakan pada sistem dengan cara menggambarkan alternatif-alternatif kejadian dalam suatu blok diagram secara terstruktur. Fault tree analysis mengidentifikasi hubungan antara faktor penyebab dan ditampilkan dalam bentuk pohon kesalahan yang melibatkan gerbang logika sederhana.Analisis data berupa persentase hasil rating dari google form yang dianalisis menggunakan metode fault tree analysis dimana mengetahui faktor penyebab kecelakaan yang sering terjadi. Kecelakaan yang paling berpeluang paling tinggi disebabkan oleh variable E2.1.6 yaitu faktor manusia yaitu menyalip kendaraan lain. Untuk peluang kecelakan paling tinggi kedua pada variable E2.1.11 yaitu faktor manusia yaitu pengendara yang terburu-buru saat berkendara dan peluanng kecelakaan lalu lintas paling tinggi ke tiga pada variable E2.1.1 yaitu pengendara yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan diatas 60 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan,pengendara usia muda,Fault Tree Analysis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:13
Last Modified: 22 Apr 2021 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74483

Actions (login required)

View Item View Item