Evaluasi Pelaksanaan Program Diklat Pendamping Muda PAUD di Kabupaten Lima Puluh Kota

mutmainnah, mutmainnah (2021) Evaluasi Pelaksanaan Program Diklat Pendamping Muda PAUD di Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT MUTMAINNAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberdayaan Guru PAUD lulusan SMA/Sederajat yang tidak sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Sehingga, Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas menjalankan suatu program unggulan yakni program diklat pendamping muda PAUD di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Guru PAUD lulusan SMA/Sederajat. Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu daerah yang melaksanakan program diklat pendamping muda PAUD pada tahun 2019 lalu oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan TK Negri Pembina (TKNP) Kabupaten Lima Puluh Kota. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah program diklat pendamping muda PAUD sesuai atau tidak didalam meningkatkan kompetensi Guru PAUD lulusan SMA/Sederajat di Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan teori Daniel Stufflebeam dengan 4 variabel diantaranya evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Metode yang digunakan ialah metode wawancara dan dokumentasi. Untuk pemilihan informan dilakukan dengan Purposive sampling. Untuk analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program diklat pendamping muda PAUD sudah dijalankan dengan baik oleh pelaksana. Program ini juga memberikan banyak dampak positif bagi Guru PAUD dan juga pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan akreditasi sekolah serta terlaksananya beberapa kegiatan pendukung pelaksanaan diklat yang dilaksanakan oleh pihak Dinas Pendidikan Guru PAUD dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru PAUD lulusan SMA/Sederajat secara menyeluruh. Sehingga, program diklat pendamping muda PAUD dinyatakan cukup berhasil di dalam meningkatkan kompetensi Guru PAUD. Diharapkan pada pelaksanaan diklat tahap selanjutnya, panitia lebih memperhatikan kendala dan hambatan yang ada sehingga pelaksanaan diklat dapat berjalan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pelaksanaan, Diklat Pendamping Muda PAUD, Kabupaten Lima Puluh Kota
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:44
Last Modified: 15 Apr 2021 03:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74241

Actions (login required)

View Item View Item