ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL LUBUK BUAYA KOTA PADANG

FENI, OKTA NALUSI (2021) ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP BUAH PISANG DI PASAR TRADISIONAL LUBUK BUAYA KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen terhadap buah pisang di Pasar Tradisional Lubuk Buaya Kota Padang dan (2) untuk mengetahui sikap konsumen buah Pisang Mamban Darek dan Pisang Emas dari indikator pengukuran nilai sikap konsumen terhadap atribut-atribut buah pisang. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Data analisis menggunakan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif, analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis Fishbein. Hasil pada tahapan proses pengambilan keputusan pembelian buah pisang di Pasar Tradisional Lubuk Buaya Kota Padang melakukan kelima tahapan dengan hasil : (a) Pengenalan kebutuhan, Pada umumnya responden mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga kesehatan, tingkat kepentingan mengkonsumsi buah pisang dianggap penting, dan motivasi dalam mengkonsumsi buah pisang sebagai sumber vitamin. (b) Tahapan pencarian informasi, pada umumnya sumber informasi diperoleh dari sumber pribadi yaitu keluarga, sumber informasi yang paling mempengaruhi dalam pembelian buah pisang berasal dari diri sendiri. (c) Evaluasi alternatif, diperoleh hasil pada umumnya pertimbangan responden dalam pembelian buah pisang dilihat dari penampilan buah pisang yaitu dari segi ukuran, kesegaran, warna, dan kematangan. (d) Proses pembelian diperoleh hasil pada umumnya buah pisang yang sering dibeli adalah pisang mamban darek, cara responden memutuskan pembelian buah pisang secara terencana, dan frekuensi pembelian sebanyak 1-2 kali/bulan.(e) Pada perilaku pasca pembelian diperoleh hasil, jika buah pisang mengalami kenaikan harga atau tidak tesedia konsumen memilih untuk membeli di tempat lain dan konsumen merasa biasa saja untuk merekomendasikan buah pisang terhadap konsumen lain. Pada tujuan kedua dengan menggunakan metode multiatribut Fishbein, menunjukkan sikap konsumen terhadap atribut buah pisang Mamban Darek dan pisang Emas, responden lebih menyukai atribut pisang Mamban Darek dibandingkan pisang Emas. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis dapat memberikan saran kepada pedagang maupun pelaku usaha buah pisang lebih memperhatikan kualitas dari buah pisang yang ditawarkan agar buah pisang lebih diminati. Kata Kunci: Buah Pisang, Keputusan Pembelian, Sikap Konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. HERY BACHRIZAL TANJUNG, M.Si.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:56
Last Modified: 26 Mar 2021 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73615

Actions (login required)

View Item View Item