PENENTUAN STRATEGI PENGADAAN SUKU CADANG DI PT SEMEN PADANG

ANATACHIA, RAHMAN (2020) PENENTUAN STRATEGI PENGADAAN SUKU CADANG DI PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text
TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Persediaan merupakan salah satu masalah yang bersifat fundamental dalam perusahaan. Salah satu jenis persediaan yang menjadi perhatian dalam perusahaan yaitu suku cadang. Suku cadang dibutuhkan dalam proses pemeliharaan mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi. Banyaknya jumlah suku cadang yang harus dikelola menjadi tantangan dalam proses perencanaan pengadaan material. Strategi dalam proses pengadaan menjadi salah satu faktor penentu dalam meningkatkan daya saing perusahaan. PT Semen Padang menerapkan pengadaan secara kontrak dan non kontrak. Pemilihan vendor dilakukan dengan proses tender setiap dua atau tiga tahun sekali (sistem kontrak) dan setiap adanya permintaan (sistem non kontrak). Sie Layanan Pengadaan menginginkan pendekatan yang komprehensif dalam menentukan kebijakan yang akan diterapkan dalam proses pengadaan barang. Selain itu, Sie Layanan Pengadaan juga ingin menentukan kriteria apa saja yang harus dipertimbangkan dalam penetapan strategi pengadaan barang. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi pengadaan material suku cadang berdasarkan metode Kraljic’s Purchasing Model. Suku cadang dikelompokkan berdasarkan tiga metode klasifikasi yaitu Klasifikasi ABC, Klasifikasi FNS, dan Klasifikasi SDE untuk mempermudah pengolahan pada material dengan karakteristik yang sama. Terdapat 27 kelompok material hasil kombinasi dengan pendekatan MUSIC 3D. Bobot kriteria didapatkan dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process. Untuk menentukan posisi titik dari setiap kategori dalam matrik digunakan Multidimensional Scalling. Berdasarkan hasil pengolahan yang dilakukan, terdapat lima kelompok material termasuk ke dalam kuadran strategic dengan tipe kontrak partnership dan hubungan kerjasama jangka panjang. Kuadran leverage terdiri dari enam kelompok material dengan tipe kontrak partnership dan dapat menggunakan konsep call off contract. Kuadran bottleneck terdiri dari sembilan kelompok material dengan tipe kontrak jangka pendek dan penerapan konsep call of contract. Kuadran Non – Critical terdiri dari tujuh kelompok material dan disarankan untuk menerapkan spot purchase dalam proses pengadaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Eri Wirdianto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarcy Process, klasifikasi, Kraljic’s Purchasing Model, strategi pengadaan, suku cadang
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:30
Last Modified: 25 Feb 2021 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73042

Actions (login required)

View Item View Item