Fitri, Afdhal (2021) Systematic Review : Intervensi Terapi Musik Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autisme. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
|
Text (full)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Interaksi sosial adalah salah satu gangguan khas yang dialami pada anak autisme. Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua atau lebih individu manusia dimana interaksi yang terjadi dapat mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki kelakuan individu lain, interaksi sosial penting dalam kehidupan sehari-hari begitupun bagi anak autisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intervensi terapi musik terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak autisme. Metode penelitian berupa systematic review dimulai dari pencarian data menggunakan lima database yaitu Science Direct, PuBmed, SAGE, Taylor & Francis Online (Tandfonline), dan Google Scholar dengan rentang tahun 2013-2020. Pencarian artikel menggunakan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya dan ditemukan 9 artikel memenuhi kriteria yang dinilai menggunakan the JBI critical appraisal tools. Hasil telaah artikel yang telah dilakukan ditemukan metode pemberian intervensi terapi musik yang bisa dianjurkan adalah dengan metode pemberian improvisasi dengan jenis musik instrumental, musik klasik, murrotal Al-Qur’an, metode pendekatan yang dianjurkan adalah metode Orff Schulwerk dan metode Suzuki. Intervensi terapi musik yang dilakukan memiliki pengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak autisme seperti adanya kontak mata pada anak, anak memperlihatkan ketertarikan selama terapi, anak mampu meniru instruksi dari terapis, anak mampu bekerjasama dalam kelompok. Kata Kunci : Anak Autisme, Terapi Musik, Interaksi Sosial
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | DR. dr. Eva Chundrayetti, Sp.A (K) |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 04:36 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 04:36 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71922 |
Actions (login required)
View Item |