Analisis Karakteristik Jalur Sepeda Dan Potensi Pembuatan Jalur Sepeda Baru Di Kota Pekanbaru Berdasarkan Persepsi Pengguna Sepeda

Suchi, Aulia Rahmi (2021) Analisis Karakteristik Jalur Sepeda Dan Potensi Pembuatan Jalur Sepeda Baru Di Kota Pekanbaru Berdasarkan Persepsi Pengguna Sepeda. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Selama masa pandemi ini, terjadi peningkatan jumlah pengguna sepeda di kota Pekanbaru. Namun peningkatan pengguna sepeda di Pekanbaru ini tidak didukung oleh fasilitas untuk pengguna sepeda seperti kurangnya jalur sepeda dan tidak adanya parkir khusus sepeda yang memadai. Melihat tingginya antusias masyarakat untuk bersepeda maka harus diimbangi dengan pengembangan infrastruktur yang memadai oleh pemerintah, agar diperoleh keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik jalur sepeda yang ada di kota Pekanbaru berdasarkan persepsi pengguna sepeda dan juga mengetahui potensi pembuatan jalur sepeda baru di kota Pekanbaru berdasarkan persepsi pengguna sepeda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dengan membagikan kuisioner secara online menggunakan Google Form kepada masyarakat kota Pekanbaru yang menggunakan sepeda. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda analisis faktor. Dari analisis yang telah dilakukan dapat diketahui karakteristik jalur sepeda yang ada di kota Pekanbaru dapat dijelaskan oleh 4 faktor yang terbentuk yaitu faktor fasilitas jalur sepeda yang terdiri atas 9 variabel, aksesibilitas jalur sepeda yang terdiri atas 5 variabel, keamanan jalur sepeda yang terdiri atas 5 variabel, dan lokasi jalur sepeda yang terdiri atas 2 variabel. Setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa mayoritas responden memilih bersepeda untuk berolahraga, dengan pengalaman bersepeda selama 1-5 tahun dan jenis sepeda yang paling banyak digunakan ada sepeda gunung. Jalur sepeda baru sangat berpotensi untuk dibangun di kota Pekanbaru dengan jenis jalur yang paling diinginkan oleh responden adalah berdampingan dengan jalur untuk pejalan kaki dan dipisahkan oleh kerb dari jalan raya. Ruas jalan yang paling berpotensi untuk dibangun jalur sepeda adalah jalan Arifin Ahmad, Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Harapan Raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: karakteristik pengguna sepeda, jalur sepeda, potensi pembuatan jalur sepeda, kota Pekanbaru
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:42
Last Modified: 18 Feb 2021 03:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71578

Actions (login required)

View Item View Item