Kinerja PDAM Kota Padang dalam Penyedian Air Bersih bagi Masyarakat Kota Padang Panjang

Citra, Dwi Putri (2020) Kinerja PDAM Kota Padang dalam Penyedian Air Bersih bagi Masyarakat Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Citra Dwi Putri, Nomor BP 1510841030, Kinerja PDAM Kota Padang Panjang Dalam Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat Kota Padang Panjang, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2020. Dibimbing oleh Kusdarini, S.IP, M. PA dan Dr. Roni Ekha Putera, M.PA. Skripsi ini terdiri dari 128 halaman dengan referensi 9 Buku Teori dan 2 Buku Metode Penelitian, 4 skripsi, 13 dokumen penunjang dan 1 sumber internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sumber daya air yang dimiliki oleh PDAM Kota Padang Panjang. Dan PDAM Kota Padang Panjang juga memiliki gebrakan berupa kegiatan yang tidak dimiliki oleh PDAM lain yang ada di wilayah Sumatera Barat. Tapi dalam realitanya PDAM Kota Padang Panjang belum bisa memberikan pelayanan yang sama kepada semua daerah pelayanannya. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kinerja PDAM Kota Padang Panjang Dalam Penyediaan Air Bersih Bagi Masyarakat Kota Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Teori yang digunakan pada penelitian adalah teori kinerja menurut Wibowo yang terdiri dari empat variabel, yaitu masukan, proses, keluaran, dan manfaat. Hasil penelitian menunjukan dari keempat variabel yang dikemukakan oleh Wibowo, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja PDAM Kota Padang Panjang dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat Kota Padang Panjang belum tercapai secara maksimal. Kegiatan penyediaan air bersih oleh PDAM Kota Padang Panjang bagi masyarakat masih ada beberapa kendala. Disebabkan oleh beberapa indikator yang belum maksimal, seperti kapabilitas sumber daya manusia yang belum merata, sumber air yang dimiliki oleh PDAM belum semuanya memenuhi syarat dan ketentuan Kemenkes. Pelaksanaan kegiatan atau program yang dimiliki oleh PDAM Kota Padang Panjang belum diketahui oleh semua masyarakat Kota Padang Panjang. Monitoring dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan oleh pihak PDAM diawal perencanaan. Namun, jika dilihat dari manfaat yang dihasilkan dari upaya PDAM dalam memberikan air bersih kepada masyarakat PDAM dapat memberikan pelayanan yang tanggap dan cepat dalam setiap pengaduan masyarakat, sehingga dapat menekan angka kehilangan air oleh PDAM. Kata kunci: Kinerja, PDAM, dan Air Bersih

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Kusdarini
Uncontrolled Keywords: Kinerja, PDAM, dan Air Bersih
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 10 Feb 2021 08:21
Last Modified: 10 Feb 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71080

Actions (login required)

View Item View Item