ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y DENGAN PENERAPAN MASSAGE ENDORPHINE UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA IBU NIFAS DI KOTA PADANG TAHUN 2020

Rahimah, Febrialisa (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y DENGAN PENERAPAN MASSAGE ENDORPHINE UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA IBU NIFAS DI KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstark)
cover dan abstrak rahimah-dikonversi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I rahimah-dikonversi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB5 penutup rahimah-dikonversi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKa rahimah-dikonversi(1).pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (kia full)
KIA RAHIMAH Lengkap (sudah revisi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan merupakan respon alami sebagai tanda bahaya akan suatu hal yang tidak menyenangkan dan dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali terjadi pada ibu nifas, diamana pada periode nifas ibu akan mengalami kelelahan, perubahan peran, perubahan mood seperti kesedihan dan kecemasan. Fase-fase adaptasi ibu nifas yaitu taking in,taking hold, dan letting go yang merupakan perubahan psikologis yang mempunyai peranan sangat penting. Pada masa itu ibu nifas menjadi sangat sensitif. Kecemasan pada periode postnatal disebabkan karena adanya proses transisi menjadi orang tua, terjadi penyesuaian diri yang besar dalam beradaptasi dengan peran barunya. Tujuan umum pada karya ilmiah akhir ini adalah mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 26 November – 7 Desember 2020. Rencana asuhan keperawatan berupa penerapan massage endorphine untuk menurunkan kecemasan pada ibu nifas. Hasil asuhan keperawatan terjadinya penurunan skor Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS) sebelum (skor 27, dengan interpretasi sedang) dan sesudah (skor 17, dengan interpretasi ringan) diberikannya intervensi. Disarankan bagi pelayanan kesehatan agar menerapkan relaksasi massage endophine pada ibu nifas untuk menurunkan kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Sarfika, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Ibu Nifas, Kecemasan, Massage endorphine.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Feb 2021 08:10
Last Modified: 10 Feb 2021 08:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70528

Actions (login required)

View Item View Item