Membangun Dan Mempertahankan Kepercayaan (Trust) Dalam Arisan Online(Studi Terhadap Kelompok Arisan Online Mahasiswa Kota Padang)

Fetrim's, Aperda Fisya (2020) Membangun Dan Mempertahankan Kepercayaan (Trust) Dalam Arisan Online(Studi Terhadap Kelompok Arisan Online Mahasiswa Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text (BAB 4 PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FETRIM'S APERDA FISYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Arisan online merupakan arisan yang kegiatannya dilakukan melalui media sosial. Media sosial digunakan sebagai perantara atau penghubung antara pengelola arisan dengan peserta arisan. Dalam arisan online yang menggunakan media sosial ini mengakibatkan antara sesama pengelola dan peserta tidak dipertemukan melalui tatap muka secara langsung. Arisan online juga memungkinkan bahwa orang yang sebelumnya belum saling mengenal akan dipertemukan melalui kegiatan arisan online ini. Kepercayaan menjadi dasar utama dalam menjalankan kegiatan arisan online karena antara satu sama lain tidak saling bertemu secara langsung melainkan kegiatan hanya melalui media sosial saja. Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam kegiatan arisan online ini, karena kegiatan yang dilakukan secara online akan terjadi apabila kedua belah pihak saling mempercayai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan cara membangun dan cara mempertahankan kepercayaan dalam arisan online. Dalam penelitian ini menjelaskan cara kepercayaan dibangun diawal kegiatan arisan online dan kepercayaan tersebut dipertahankan dalam kegiatan arisan online tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kapital sosial yang dikemukakan oleh Robert M.Z Lawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan cara owner membangun kepercayaan dalam arisan online kepada peserta adalah dengan mengiklankan/mempromosikan arisan online, memberikan beberapa persyaratan kepada peserta seperti meminta foto KTP, sosial media yang aktif dan surat perjanjian diatas materai. Sedangkan cara peserta membangun kepercayaan arisan online kepada owner adalah dengan mengetahui identitas owner arisan online tersebut, seperti data diri, alamat, sosial media, ataupun alamat kampus owner tersebut. Cara owner mempertahankan kepercayaan kepada peserta dalam arisan online adalah dengan mencairkan get peserta tepat waktu, mengupload bukti pencairan dan penyetoran arisan serta menyebarkan informasi mengenai peserta yang telat membayar atau kabur. Sedangkan cara peserta mempertahankan kepercayaan kepada owner dalam arisan online adalah dengan membayar jatuh tempo setoran tepat waktu dan melihat kinerja owner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Damsar, MA
Uncontrolled Keywords: Arisan Online, Kepercayaan, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:18
Last Modified: 10 Feb 2021 03:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70478

Actions (login required)

View Item View Item