LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I

Nofriyanti, Riska (2020) LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I LITERATURE REVIEW: TERAPI ACUPRESSURE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA Full Nofriyanti Riska.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)

Abstract

Pendahuluan: Kehamilan adalah suatu hal yang alami dan normal pada wanita yang diikuti dengan perubahan fisik dan perubahan psikologis. Salah satu keluhan yang dirasakan pada awal kehamilan adalah mual muntah. Namun, mual muntah seringkali diabaikan karena dianggap sebagai sebuah konsekuensi pada awal kehamilan. Mual muntah yang berlebihan saat hamil menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Untuk itu diperlukan salah satu terapi untuk membantu mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil trimester I dapat dilakukan dengan menggunakan terapi non farmakologis yaitu dengan terapi acupressure. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari terapi acupressure terhadap penurunan mual dan muntah pada ibu hamil trimester I. Metode: Pencarian artikel jurnal dilakukan secara elektronika dengan menggunakan data base yaitu Science Direct, Pubmed, Semantic Scholar, dan Google Scholar dari November sampai Desember dengan kata kunci “acupressure”, “nausea”, “vomiting”, “pregnancy”. Kriteria inklusi meliputi terapi acupressure terhadap penurunan mual dan muntah pada ibu hamil trimester I dan menggunakan metode randomized controlled trial dan clinical trial. Hasil: Dari kelima artikel jurnal didapatkan bahwa acupressure berpengaruh dalam penurunan mual dan muntah pada ibu hamil trimester I. Kesimpulan: Terapi acupressure efektif untuk menurunkan mual dan muntah pada ibu hamil trimester I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns . Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Acupressure, Mual, Muntah, Kehamilan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:47
Last Modified: 09 Feb 2021 02:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70417

Actions (login required)

View Item View Item