systematic review Intervensi pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan anemia

Nidya, Diramayana (2020) systematic review Intervensi pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan anemia. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK NIDYA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Thesis Utuh)
Thesis Nidya Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Anemia pada remaja merupakan masalah global yang dapat menimbulkan efek jangka panjang yang dapat dirasakan hingga dewasa, sehingga dibutuhkan bebagai macam upaya dan program pencegahan untuk mencegah dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh anemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intervensi pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan anemia defisiensi besi. Metode penelitian berupa systematic reviewini dimulai dari pencarian data menggunakan 5 database. Penelitimenggunakan limadatabase yaitu PubMed, ScienceDirect, ProQuest, Google Scholar dan SAGE dengan rentang tahun dari 2015-2020. Artikel dicari dengan menggunakan kata kunci yang sudah ditentukan peneliti dan kemudian artikel di ekstraksi berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi dengan menggunakan protokol PRISMA. Sehingga ditemukan 15artikelyang sesuai dengan kriteria the JBI critical appraisal tools untuk dianalisis. Hasil telaah artikel ditemukan pendidikan kesehatan yang di berikan melalui metode pendidikan kesehatan dengan menggunakan media berbeda dan bentuk program pengajaran yang dilakukan disekolah yang melibatkan peran guru, ahli dan peneliti dalam pemberian materi pendidikan kesehatan. Kesimpulan dari telaah artikel ini adalah intervensi pendidikan kesehatan yang dilakukan disekolah di berikan melalui metode ceramah dan persentasi dengan menggunakan media video, power point, modul, leaflet dan booklet. Penerapan program pengajaran terstruktur yang digunakan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah anemia.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: (Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed)
Uncontrolled Keywords: intervensi, pendidikan kesehatan, pencegahan, anemia remaja putri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:09
Last Modified: 08 Feb 2021 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70406

Actions (login required)

View Item View Item