ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DALAM KONTEKS KELUARGA NY. Y DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN SENAM ANTI HIPERTENSI UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH DI PAUH KOTA PADANG 2020

Ilham, Thohir (2020) ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DALAM KONTEKS KELUARGA NY. Y DENGAN HIPERTENSI MELALUI PENERAPAN SENAM ANTI HIPERTENSI UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH DI PAUH KOTA PADANG 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. KIA Fulltext Ilham Thohir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lansia merupakan istilah dari tahap akhir proses penuaan, semakin meningkatnya jumlah penduduk usia lanjut akan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan berhubungan dengan penurunan kondisi fisik, psikis dan sosial. Hipertensi adalah penyakit dengan prevalensi tinggi terjadi pada lansia. Penatalaksanaan pada hipertensi dapat dilakukan secara farmakologis dan non farmakologis. Penatalaksanaan non farmakologis dilakukan dengan cara peningkatan aktifitas fisik, salah satunya dengan melakukan senam secara teratur. Senam anti hipertensi merupakan aktifitas fisik yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dan pasokan oksigen kedalam otot-otot dan rangka yang aktif khususnya terhadap otot jantung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan komprehensif terhadap lansia dengan hipertensi dan penerapan senam anti hipertensi. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan proses pendekatan keperawatan keluarga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asuhan keperawatan yang diberikan telah memberikan dampak positif bagi kondisi lansia yaitu terjadinya penurunan tekanan darah dimana sebelum diberikan intervensi rata rata tekanan darah systole dan diastole adalah 141,1/85,4 dan setelah diberikan intervensi menjadi 137,8/82,5. Diharapkan kegiatan senam anti hipertensi ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh lansia dengan di damping keluarga dirumah, dan diharapkan nantinya implementasi yang diberikan dapat meningkatkan derajat ksehatan lansia di keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Senam anti hipertensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:58
Last Modified: 09 Feb 2021 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70402

Actions (login required)

View Item View Item