Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang

Fitriani, Maissy Islami (2021) Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan dengan Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
LENGKAP FITRIANI MAISSY ISLAMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang dan Tujuan Penelitian Kecemasan merupakan keadaan kejiwaan seseorang yang berada dalam suatu tekanan yang mendalam sehingga dapat menyebabkan masalah psikiatri. Saat kecemasan sudah dalam tingkatan tinggi karena tidak mendapat penanganan yang tepat, dapat berubah menjadi gangguan mental emosional. Komunikasi terapeutik bidan yang baik dapat mempengaruhi tingkat kecemasan ibu bersalin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik bidan dengan tingkat kecemasan ibu bersalin di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Metode Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang dari bulan November sampai Desember 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang bersalin di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang sebanyak 91 responden. Sampel diperoleh dengan teknik consecutive sampling. Data di analisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan 53,7% yang mengalami kecemasan tinggi mendapatkan komunikasi terapeutik yang kurang baik dan 43,2% yang mengalami kecemasan rendah mendapatkan komunikasi terapeutik yang baik. Analisis bivariat didapatkan nilai p = 0,001. Kesimpulan Terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik bidan dengan tingkat kecemasan ibu bersalin. Disarankan bagi ibu yang akan bersalin agar dapat mempersiapkan fisik dan mental untuk mengurangi rasa cemas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Lusiana El Sinta Bustami, S.ST, M.Keb
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, Kecemasan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:19
Last Modified: 08 Feb 2021 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69613

Actions (login required)

View Item View Item