HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN STRESS KERJA PERAWAT PELAKSANA SAAT PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Doni, Efendi (2021) HUBUNGAN BEBAN KERJA DENGAN STRESS KERJA PERAWAT PELAKSANA SAAT PANDEMI COVID-19 DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Publisher)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI _DONI EFENDI_1911319013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tugas perawat kamar bedah bukan hal yang ringan untuk dipikul mulai dari pemberian asuhan keperawatan pre, intra, dan post operatif yang menyebabkan perawat mengalami beban kerja yang tinggi. Ditambah lagi pada saat pandemi Covid-19 proses operasi yang dilakukan berbeda dengan sebelumnya. Pembagian jadwal dinas dilakukan dengan system rolling pada setiap ruangan. Empat dari lima perawat kamar operasi mengatakan merasa stress, lelah, sakit kepala, sulit tidur, dan cemas sehingga berkeinginan untuk tidak masuk tim bedah Covid karena terkadang mereka sering terlambat masuk kerja diakibatkan oleh kelelahan. Alasan mereka karena merasa lelah menangani pasien disebabkan saat ini operasi yang banyak dilakukan adalah operasi besar ditambah lagi dengan durasi operasi yang terkadang memanjang sehingga sering terjadi perpanjangan jam dinas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan beban kerja dengan stress kerja perawat pelaksana saat pandemi Covid-19 di instalasi bedah sentral Dr. M. Djamil Padang tahun 2020. Penelitian ini dilakukan di instalasi bedah sentral RSUP Dr. M. Djamil Padang dari bulan September 2020 – Januari 2021. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional yang dilakukan pada 51 responden dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan Kuesioner. Hasil uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara beban kerja dengan stress kerja perawat pelaksana saat pandemi Covid-19 dengan p value = 0,001. Dengan mengetahui hubungan beban kerja dengan stress kerja diharapkan pelayanan kesehatan lebih memperhatikan stress kerja saat pemberian pelayanan pada masa Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep, Sp. Kep. MB
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:55
Last Modified: 01 Feb 2021 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68978

Actions (login required)

View Item View Item