Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner DI RSUP dr. M.DJAMIL PADANG

Ari, Deswari (2021) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner DI RSUP dr. M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER Dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VII.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan dalam mengkonsumsi obat merupakan aspek utama dalam penanganan penyakit-penyakit kronis termasuk penyakit jantung koroner. Hanya 50% dari pasien dengan penyakit kronis yang tinggal di negara-negara maju mengikuti rekomendasi pengobatan. Dan 4 dari 10 orang pasien PJK di RSUP dr M Djamil tergolong tidak patuh minum obat. Kepatuhan minum obat jantung adalah fenomena multifaktorial yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diduga antara lain pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan minum obat pada pasien penyakit jantung koroner. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian , semua pasien dengan penyakit jantung koroner yang datang berkunjung untuk melakukan pemeriksaan di Poliklinik Jantung RSUP dr M. Djamil Padang, sampel 84 orang, dengan teknik accidental sampling. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square = 0,05. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan p-value 0,039, sikap p-value = 0,012 dan dukungan keluarga p-value = 0,010 dengan kepatuhan minum obat. Saran kepada Rumah sakit agar mempertahankan promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pasien dan keluarga serta menjadikan pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga sebagai aspek penting dalam asuhan keperawatan untuk meningkatkan kepatuhan minum obat pasien PJK Kata Kunci : Jantung Koroner, Kepatuhan Minum Obat, Pengetahuan, Sikap, Dukungan Keluarga Daftar pustaka : 39(2010 – 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S.Kp.MN.Phd
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:38
Last Modified: 29 Jan 2021 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68856

Actions (login required)

View Item View Item