Pengaruh Terapi Genggam Jari Terhadap Kecemasan Pasien Sebelum Tindakan Kateterisasi Jantung DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

Siska, Prima Olimviani (2021) Pengaruh Terapi Genggam Jari Terhadap Kecemasan Pasien Sebelum Tindakan Kateterisasi Jantung DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
Cover dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI SISKA PRIMA OLIMVIANI OKE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kateterisasi jantung merupakan prosedur tindakan invasif yang dapat menimbulkan rasa cemas pada pasien. Menunggu menjalani prosedur kateterisasi jantung dapat menjadi sumber utama kecemasan. Kecemasan mempengaruhi respons fisiologis, seperti laju pernapasan, detak jantung, tekanan darah, konsumsi oksigen miokard, dan konsentrasi plasma epinefrin dan norepinefrin yang dapat menyebabkan cedera jaringan dan agregasi trombosit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi genggam jari terhadap kecemasan pasien sebelum tindakan kateterisasi jantung di RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan di instalasai pusat jantung terpadu RSUP Dr. M.Djamil Padang dari bulan Juli 2020 – Januari 2021. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimen dengan pretest posttest with control group design yang dilakukan pada 18 responden kelompok kontrol dan 18 responden kelompok intervensi dengan teknik simple rondom sampling dan menggunakan instrument penelitian kuesioner State Trait Anxiety Inventory (STAI). Penelitian ini menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat, analisa univariat dilakukan untuk melihat distribusi frekuensi kelompok yang mendapatkan terapi genggam jari dan kelompok yang mendapatkan relaksasi nafas dalam, distribusi frekuensi dan persentase kecemasan pasien. Analisa bivariat digunakan untuk melihat perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dilakukan uji Wilcoxon. Untuk mengetahui pengaruh terapi genggam jari terhadap tingkat kecemasan dilakukan pengujian terhadap perubahan tingkat kecemasan pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi menggunakan uji Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai Z sebesar -4,853 dan nilai Sig atau P Value sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Terapi genggam jari lebih baik dari pada teknik nafas dalam saat mengatasi kecemasan pada pasien sebelum tindakan kateterisasi jantung di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diharapkan pelayanan kesehatan khususnya perawat dapat memberikan intervensi mandiri terapi genggam jari untuk mengatasi kecemasan pasien sebelum tindakan kateterisasi jantung. Kata kunci : Kateterisasi Jantung, Kecemasan, Terapi Genggam Jari Daftar Pustaka : 65 (2006 -2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp.MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:11
Last Modified: 29 Jan 2021 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68839

Actions (login required)

View Item View Item