Pengaruh Perbandingan Sari Biji Pinang Muda (Areca catechu L.) Dengan Sari Jeruk Manis (Citrus sinensis L.) Terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan

Naomi, Fitriani Purba (2020) Pengaruh Perbandingan Sari Biji Pinang Muda (Areca catechu L.) Dengan Sari Jeruk Manis (Citrus sinensis L.) Terhadap Karakteristik Minuman Serbuk Instan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. BAB akhir.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
5. skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minuman serbuk instan merupakan produk bahan minuman yang berbentuk serbuk atau granula yang dibuat dengan campuran gula. Minuman serbuk instan memiliki sifat yang mudah larut air, praktis saat menyajikan dan juga memiliki umur simpan yang lama. Pada penelitian ini minuman serbuk terbuat dari bahan sari biji pinang muda dengan sari jeruk manis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan sari biji pinang muda dengan sari jeruk manis terhadap karakteristik minuman serbuk instan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Dalam penelitian ini perlakuan yang dilakukan adalah perbandingan sari biji pinang muda dengan sari jeruk manis dengan formulasi A (100:0), B (90:10), C (80:20), D (70:30), E (60:40). Penerimaan panelis pada minuman serbuk instan sari biji pinang muda dengan sari jeruk manis berkisar dari biasa sampai suka. Dapat dilihat bahwa perlakuan yang terbaik dari uji sifat fisik, kimia dan sensori dan disukai panelis adalah perlakuan E dengan nilai warna 3,55 (suka), aroma 3,35 (biasa) dan rasa 3,70 (suka) , serta hasil analisis fisik dan kimia pada produk yakni waktu larut 25,52 detik, rendemen 49,83%, kadar air 1,70%, kadar abu 1,50%, derajat keasaman 4,97, aktivitas antioksidan 32,31 %, dan kadar tanin 1,41 %. Perbandingan sari biji pinang muda dengan sari jeruk manis berpengaruh terhadap analisis waktu larut, kadar abu, pH, aktivitas antioksidan, dan rendemen, namun tidak berpengaruh terhadap analisis kadar air dan kadar tanin. Kata kunci : Minuman serbuk instan, sari biji pinang muda, sari jeruk manis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Neswati, S.TP, M.Si
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:03
Last Modified: 03 Feb 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68434

Actions (login required)

View Item View Item