GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PERAWAT YANG MEMPUNYAI LANSIA DI MASA PENDEMI COVID-19 DI RSUP Dr. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2020

RAHMA, YENI (2021) GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PERAWAT YANG MEMPUNYAI LANSIA DI MASA PENDEMI COVID-19 DI RSUP Dr. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
skripsi rahma yeni final.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Cover abstract.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab 7 Penutup.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
4. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 telah menjadi krisis kesehatan di dunia karena penyebaran sangat cepat, hal ini dapat menimbulkan kecemasan pada perawat, karena penyakit ini sangat berisiko terhadap kelompok rentan terutama mereka yang mempunyai lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan perawat yang mempunyai lansia dimasa pandemi Covid-19 di RSUP Dr. M. Damil Padang (IGD, IRJ dan Irna Paviliun Ambun Pagi). Penelitian ini menggunakan desain deskriptif cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 75 orang dengan pengambilan sampel dengan tehnik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner HRS-A 14 (Hamilton Rating Scale for Anxiety) melalui google form. Hasil penelitian menunjukan di IGD perawat yang mempunyai lansia mengalami 85,2% kecemasan ringan, 14,8% kecemasan sedang, yang mempunyai lansia dengan komorbid 63% dan yang tidak ada komorbid 37%. Di IRJ perawat yang mempunyai lansia mengalami kecemasan ringan 61,3% dan mengalami kcemasan sedang 38,7%, perawat yang mempunyai lansia dengan komorbit 80,6% dan yang tidak mempunyai komorbid 19,4%. Di Irna Paviliun Ambun Pagi perawat yang mempunyai lansia yang tidak mengalami kecemasan sebanyak 41,2%, mengalami kecemasan ringan 47,1% dan mengalami kecemasan sedang 11,8%, perawat yang mempunyai lansia dengan komorbit sebanyak 52,9% dan yang tidak ada komorbidnya sebanyak 47,1%. Untuk mengelola tingkat kecemasan pada perawat yang mempunyai lansia di masa Pandemi Covid-19 diharapkan pada perawat untuk selalu berfikiran positif, mengubah pola pikir, perilaku, dan selalu membuka diri untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang bisa diakses melalui media cetak maupun elektronik dan internet serta memulai aktivitas fisik yang menyenangkan. Dan di harapkan pada instansi untuk memantau masalah kesehatan mental perawat terkait adanya perasaan cemas selama masa Pandemi Covid-19. Kata kunci: kecemasan, Covid-19, perawat, lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih. S Kp, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:17
Last Modified: 28 Jan 2021 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68302

Actions (login required)

View Item View Item