HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI IRNA NON BEDAH PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

Hijrah, Safitri (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPATUHAN DIET PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI IRNA NON BEDAH PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB PENUTUP (1).pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi Full text)
SKRIPSI Hijrah Safitri .full taxt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peyakit DM merupakan penyakit degeneratif yang semakin banyak muncul. Hal ini dsebabkan karena pola hidup masyarakat yang tidak tepat. Keberhasilan dalam proses kontrol penderita DM ini ditentukan oleh kepatuhan pasien terhadap diet. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan kepatuhan diet DM adalah motivasi dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi terhadap kepatuhan diet pada penderita DM tipe 2 di RSUP dr. M. Djamil Padang. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien DM yang memenuhi kriteria dan diambil dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 70 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan, motivasi dan kepatuhan diet, dan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan motivasi dengan kepatuhan diet DM dengan nilai p = 0.007 dan p = 0.001. Diharapkan pasien DM tipe 2 meningkatkan pengetahuan dan motivasi untuk mematuhi program diet yang dianjurkan petugas kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Hema Malini, S.Kp, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2021 08:12
Last Modified: 21 Jan 2021 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68142

Actions (login required)

View Item View Item