HUBUNGAN PENDAMPINGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG TAHUN 2020

Selly, Widianti (2020) HUBUNGAN PENDAMPINGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (Penutup))
BAB akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Kecemasan adalah keadaan jiwa seseorang yang berada dalam suatu tekanan yang mendalam sehingga dapat menyebabkan masalah psikiatris. Salah satu peristiwa yang dapat menimbulkan kecemasan adalah persalinan. Kehadiran dari keluarga terdekat dapat menimbulakn efek positif terhadap persalinan dalam arti dapat mengurai kecemasan yagn dirasakan ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan pendampingan keluarga dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan. Metode Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Andalas pada bulan Juli-Agustus 2020. Populasi penelitian ini adalah ibu postpartum. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa ibu yang mengalami kecemasan tingkat sedang dan rendah lebih tinggi pada ibu yang mendapat pendampingan keluarga (79,5%) dari pada ibu yang tidak mendapatkan pendampingan keluarga (5,1%). Ibu yang berada pada tingkat kecemasan berat lebih tinggi pada ibu yang tidak mendapat pendampingan keluarga (10,3%) dari pada ibu yang mendapatkan pendampingan keluarga (5,1%). Kesimpulan Terdapat hubungan pendampingan keluarga dengan tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan di wilayah kerja Puskesmas Andalas. Oleh karena itu keluarga terdekat harus dapat mendapingi ibu saat proses persalinan agar kecemasan ibu dapat berkurang dan kesehatan ibu dan bayi dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Bobby Indra Utama. SpOG(K)
Uncontrolled Keywords: pendampingan keluarga, tingkat kecemasan, ibu bersalin
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 25 Jan 2021 06:52
Last Modified: 25 Jan 2021 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68112

Actions (login required)

View Item View Item