LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SADARI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR (WUS)

Lia, Bareta (2021) LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SADARI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR (WUS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (KESIMPULAN))
BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI UTUH)
fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JANUARI, 2021 Nama : Lia Bareta No. Bp : 1911316059 LITERATURE REVIEW: FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU SADARI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KANKER PAYUDARA PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) ABSTRAK Tingginya angka kematian kanker payudara disebabkan karena terbatasnya pengetahuan masyarakat mengenai kanker payudara dan bagaimana cara mendeteksinya. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) merupakan tindakan pencegahan kanker payudara yang dilakukan oleh individu untuk memeriksa kelainan pada payudaranya. Metode SADARI sangat mudah dilakukan, namun masih banyak wanita yang tidak melakukannya. Penelitian ini bertujuan menelaah faktor yang mempengaruhi perilaku SADARI pada wanita usia subur (WUS). Metode penelitian berupa literature review dengan cara mencari artikel dari database. Penelitian menggunakan lima database yaitu PubMed, ERIC, SAGE, Science Direct, dan Google Scholar dengan rentang tahun 2016-2020. Artikel dicari dengan menggunakan kata kunci yang sudah ditentukan. Kemudian artikel di ekstraksi berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi dengan menggunakan protokol PRISMA. Sehingga ditemukan sembilan artikel untuk dianalisis. Penelitian fokus pada wanita usia 15-49 tahun. Hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku SADARI pada Wanita Usia Subur (WUS) dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu faktor predisposisi meliputi; pengetahuan, sikap, persepsi, pendidikan dan self-efficacy. Faktor pendukung meliputi ketersediaan layanan kesehatan. Dan faktor penguat yaitu dukungan sosial. Terdapat pula faktor tambahan yakni memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga. Disarankan kepada profesi keperawatan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku SADARI sehingga pendidikan tentang upaya preventif kanker payudara dapat dilaksanakan dengan optimal. Kata kunci : Perilaku, SADARI, Wanita Usia Subur (WUS) Daftar pustaka : 67 (2007-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.Kep., Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:17
Last Modified: 28 Jan 2021 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67938

Actions (login required)

View Item View Item