HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN STIGMA PADA KELUARGA DENGAN BEBAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGGALO PADANG

Ziqni, ilma al wasi (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN STIGMA PADA KELUARGA DENGAN BEBAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Updated Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keluarga memiliki beban yang berat dalam merawat ODS. Beban berat yang dirasakan keluarga disebabkan oleh tingkat pengetahuan keluarga dan stigma pada keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan stigma pada keluarga dengan beban keluarga dalam merawat pasien skizofrenia di wilayah kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Jenis penelitian ini korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah keluarga yang merawat ODS di wilayah kerja Puskemas Nanggalo Padang dan sampel 87 orang diambil dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Family Interview Scale / Stigma Items, kuesioner pengetahuan, dan kuesioner Zarit Burden Interview (ZBI). Hasil penelitian didapatkan lebih dari separoh (59,8%) keluarga mengalami beban berat, lebih dari separoh (57,5%) keluarga memiliki tingkat pengetahuan yang rendah dan lebih dari separoh (52,9%) keluarga mengalami stigma yang tinggi. Terdapat hubungan yang bermakna antara stigma pada keluarga dengan beban keluarga (p=0,000). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan keluarga dengan beban keluarga (p=0,110). Diharapkan tenaga kesehatan terutama perawat jiwa di masyarakat untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat mengenai Skizofrenia. Sehingga masyarakat tidak lagi memberikan stigma kepada keluarga yang akan membat keluarga malu dalam merawat ODS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M,Kep, Sp.Kep Jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:45
Last Modified: 19 Jan 2021 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67876

Actions (login required)

View Item View Item